prediksi operasi kanker colon

Karsinoma kolorektal merupakan keganasan ketiga terbanyak di dunia dan penyebab kematian kedua terbanyak di Amerika. Di Indonesia belum didapatkan angka yang pasti berapa insiden karsinoma kolorektal. Penanganan karsinoma kolorektal sangat tergantung pada stadium penyakit. Terapi bedah kuratif merupakan terapi utama untuk penanganan penyakit ini, apabila ditemukan pada stadium dini.
Dengan berkembangnya evaluasi pre operatif , teknik anaestesi yang semakin baik, perkembangan teknik pembedahan dan perawatan post operasi, dapat menekan angka morbiditas dan mortalitas pasca operasi. Dari beberapa hal tersebut, terdapat banyak faktor yang mungkin dapat meningkatkan angka morbiditas dan mortalitas setelah pembedahan dilakukan.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mempelajari dan mengidentifikasi temuan klinis, berupa biokemikal dan parameter operasi, yang berhubungan dengan peningkatan angka morbiditas dan mortalitas post operasi pada pasien pasien dengan keganasan kolorectal. Banyak sistem skor yang ada untuk meprediksi resiko mortalitas dengan berbagai variasi dalam tingkatan akurasinya, tetapi mngabaikan adanya morbiditas.

lebih lengkap

0 komentar:

Posting Komentar